Selasa, 14 Juni 2011

Cara Melindungi Konten Blog dari Copy – Paste

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT ROSID.NET panjatkan, dengan atas kehendak dan ridhonya hari ini ROSID.NET masih diberikan kesempatan untuk kembali posting dan sharing sedikit pengetahuan yang mudah-mudahan bisa bermanfaat buat sobat-sobat ROSID.NET semua. Dikesempatan kali ini ROSID.NET coba untuk berbagi sebuah tips cara melindungi konten blog kita dari tindakan copy – paste. Tapi sebelumnya ROSID.NET mohon maaf yang sebesar-besarnya kalau tips ini hanya bisa digunakan untuk blog yang berplatform engine wordpress non free. Mudah-mudahan dilain kesempatan ada cara lain yang bisa digunakan oleh semua platform dan bisa kita sharing juga.
Adapun cara yang dimaksud adalah dengan menggunakan plugin WP Copyright Pro, plugin ini berfungsi untuk menghindari tindakan plagiasi (penjiplakan) yang selalu mengambil konten atau artikel di blog tanpa seizin si pemilik blog atau tidak mencantumkan sumbernya. Namun untuk sobat-sobat yang membebaskan konten blognya di copy-paste sepertinya tidak perlu menggunakan plugin ini. Ok, berikut tips yang sangat sederhananya :
  • Download plugin WP Copyright Pro Disini
  • Instal plugin secara otomatis melalui Dashboard > Plugin > Tambah Baru > Unggah > Install. Atau bisa juga melalui FileZilla dan cPanel.
  • Aktifkan Plugin
  • Pilih menu CopyrightPro yang ada dibawah menu Setting/Dasboard, silahkan diatur sesuai keinginan.
  • Secara default atau bawaan, proteksi sudah diaktifkan dengan dicentangnya beberapa pilihan dari 4 pilihan yang masing-masing memiliki sekala proteksi 25%.
Nah, kalau prosesnya udah selesai sekarang bisa sobat coba sendiri di blog sobat dengan memblok beberapa tulisan, kalau tidak bisa diblok berarti plugin sudah berfungsi. Ok, termiakasih banyak sudah mampir, semoga dapat bermanfaat. :)
Dan sebagai informasi tambahan saja, untuk ROSID.NET sendiri tidak menggunakan plugin tersebut karena masih mengadopsi faham “bebas copy paste dari sini”, yang penting bisa bermanfaat. Tapi untuk plugin WP Copyright Pro itu sendiri sudah dicoba dan alhamdulillah berhasil. Dan bagi ROSID.NET kalau masalah tindakan plagiat, ya… itumah tergantung kesadaran dan etikanya aja deh.
Cara terakhir paling  jitu supaya tulisannya tidak di-copy paste adalah tidak usah nulis di internet, nulis aja di dinding kamar. Heheheheheeeee….. kiding bozzzz…

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites